Minggu, 02 November 2014

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Pakar

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Pakar

·  Dalam penyusunan Disertasi, Tesis dan Skripsi, di mana salah satu variabelnya adalah lingkungan kerja, maka seorang mahasiswa wajib mengemukakan pengertian lingkungan kerja, sehingga maksud dari variable tersebut menjadi semakin jelas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam hal ini penulis ingin membantu mahasiswa tentang pengertian lingkungan kerja, sehingga dapat menyelesaikan Disertasi, Tesis dan Skripsinya. Adapun pengertian lingkungan kerja sebagai berikut :
1.     Menurut Sihombing (2004), lingkungan kerja merupakan faktor-faktor di luar manusia baik fisik maupun non fisik dalam suatu organisasi. Faktor fisik ini mencakup peralatan kerja, suhu I tempat kerja, kesesakan dan kepadatan, kebisingan, luas ruang kerja sedangkan non fisik mencakup hubungan kerja yang terbentuk di instansi antara atasan dan bawahan serta antara sesama karyawan.
2.     Menurut Nitisemito (2001) lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan dan dapat mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan.
3.     Menurut (Mardiana, 2005), lingkungan kerja merupakan tempat karyawan melakukan pekerjaannya sehari-hari.
  1. Sementara itu, Sedarmayanti (2001:21) membagi lingkungan kerja menjadi dua bagian, yaitu : (a) lingkungan kerja fisik, dan (b) lingkungan kerja non fisik. Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan berbentuk fisik yang terdapat di sekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi karyawan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Lingkungan kerja fisik dapat dibagi dalam dua kategori, yakni : (1) Lingkungan yang langsung berhubungan dengan karyawan (Seperti: pusat kerja, kursi, meja dan sebagainya), (2) Lingkungan perantara atau lingkungan umum dapat juga disebut lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi manusia, misalnya :temperatur, kelembaban, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanis, bau tidak sedap, warna, dan lain-lain. Untuk dapat memperkecil pengaruh lingkungan fisik terhadap karyawan, maka langkah pertama adalah harus mempelajari manusia, baik mengenai fisik dan tingkah lakunya maupun mengenai fisiknya, kemudian digunakan sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik yang sesuai. Lingkungan kerja non fisik adalah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan maupun hubungan sesama rekan kerja, ataupun hubungan dengan bawahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar