Jumat, 22 Mei 2015

SIM: KASUS 1 – NetSuite Inc., Berlin Packaging, Churchill Downs, dan lain-lain: Rahasia CRM Ada Pada Data

BAB 8: KASUS 1 – NetSuite Inc., Berlin Packaging, Churchill Downs, dan lain-lain: Rahasia CRM Ada Pada Data

1.     Apa manfaat bisnis dari implementasi CRM untuk organisasi seperti Berlin Kemasan dan Churchill Downs? Jika yang lain menggunakan CRM apakah akan Anda rekomendasikan untuk yang terakhir? Menyediakan beberapa alternatif.
JAWABAN:
CRM atau Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) adalah sebuah sistem informasi terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi. CRM sendiri melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, yang termasuk pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran (marketing), layanan dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).
Sasaran utama dari CRM adalah meningkatkan profitabilitas perusahaan dan pertumbuhan jangka panjang melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian Return On Investment (ROI) di area ini. Selain itu, CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan yang dapat berdampak pada perolehan keuntungan yang berkelanjutan.[1]


Dalam suatu riset yang pernah dilakukan, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh oleh perusahaan dengan implementasi CRM ini :
·         Peningkatan proses komunikasi dua arah dengan pelanggan, sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat dan akurat.
·         Perolehan informasi yang diperlukan agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.
·         Mempercepat pengambilan keputusan manajemen.
·         Meningkatkan pertumbuhan bisnis.
·         Dengan menggunakan alat analisis, dapat meningkatkan pemahaman organisasi terhadap pelanggan.
·         Mendongkrak produktivitas penjualan melalui pemetaan proses menggunakan teknologi baru.
          Potensi manfaat bisnis dari manajemen hubungan pelanggan sangat banyak. Contohnya, CRM memungkinkan sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi serta berfokus pada para pelanggan terbaik mereka, yaitu mereka yang paling menguntungkan bagi perusahaan, agar mereka dapat dipertahankan sebagi pelanggan seumur hidup untuk layanan yang lebih besar dan menguntungkan. Manajemen hubungan pelanggan memungkinkan penyesuaian dan personalisasi real-time atas berbagai produk dan jasa berdasarkan pada keinginan, kebutuhan, kebiasaan membeli serta siklus hidup para pelanggan. CRM juga dapat menelusuri saat ketika pelanggan menghubungi perusahaan, darimana pun titik hubungannya. Sistem CRM juga memungkinkan perusahaan untuk memberi pengalaman yang konsisten dan layanan serta dukungan superior bagi pelanggan, di semua titik kontak yang dipilih oleh pelanggan. Semua manfaat ini akan memberi nilai bisnis strategis bari perusahaan dan nilai pelanggan yang besar bagi para pelanggannya (O’Brien, 2005).
Berlin Packaging adalah perusahaan kelasmenengah yang telah melakukan beberapa upaya yang disebabkan oleh perbedaan sistem Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan. SistemCRM ini menyebabkan Berlin Packaging bisa mencapai pelanggan basis data di mana termasuk catatan perumahan pada lebih dari 27.000 pelanggan diperoleh sejak pertengahan 1990-an hanya di master pelanggan tunggal, tetapi juga bisa mengakses informasi yang luas dan definitif. Berbeda dengan Steve Canter yang telah mencapai targetnya tanpa menggunakan biaya tinggi setiap perusahaan, juga karyawan telah cepat diadopsisetiap alat telah diperkenalkan, yang merupakan bagian yang paling sulit dipahami dari CRM penyebaran.
Sebelum Churchill Downs tidak menggunakan CRM, telah diasumsikan data agregat diambil dari klub loyalitas Twin itu Spires dapat dipecah menjadi empat ember yang berbeda dari pelanggan. Tapi, setelah Atique Shah bergabung dengan perusahaan sebagai Wakil Presiden solusi CRM dan teknologi, ia menggunakan Epiphany Inc perangkat lunak CRM dan didukung oleh data-pertambangan alat dan IBM Ascential data ekstraksi dan transformasi perangkat lunak. Shah menemukan bahwa sebenarnya sembilan jenis pelanggan agregat merupakan indikasi bahwa upaya sebelumnya itu pemasaran tidak berguna. Ini menunjukkan bahwa data dapat diterjemahkan ke dalam peningkatanpenjualan.

2.    Apakah Anda setuju dengan gagasan bahwa organisasi yang lebih kecil lebih baik diposisikan untuk menjadi pengguna yang lebih efektif dari CRM dari yang besar? Mengapa atau mengapa tidak? Membenarkan jawaban Anda.
JAWABAN:
Setuju, karena organisasi yang lebih kecil memiliki pelanggan terbatas atau dapat dikatakan memiliki beberapa pelanggan sehingga menjadi mudah bagi mereka untuk mengelola informasi ini. Organisasi kecil mengadopsi CRM, menjadi lebih mudah untuk menerapkannya karena perubahan dan penyesuaian dapat dibuat dalam massa kecil yang tidak begitu sulit untuk membuat perubahan di tempat kecil. Berbeda dengan organisasi besar yang memiliki pelanggan dalam jumlah yang lebih besar serta volume data yang besar disesuaikan, diatur dan disinkronkan dalam sistem sehingga menjadi sangat sulit, dan menjadi hal yang kacau. Ada kemungkinan muncul lebih malas dan salah menaruhkan data dan informasi yang disebabkan data volume dan organisasi tren organisasi besar sehingga merasa sulit untuk mempertahankan CRM. Organisasi kecil mempunyai sifat fleksibel dan berkonsep lebih fokus pada manajemen pelanggan untuk pertumbuhan organisasi sehingga menjadi lebih mudah bagi mereka untuk lebih berdedikasi terhadap CRM.
3.    Salah satu isu utama dicatat dalam kasus ini adalah pentingnya "baik" data untuk keberhasilan implementasi CRM. Kami membahas banyak dari pada BAB 5, ketika kita membandingkan pengolahan file dan pendekatan manajemen database untuk manajemen sumber daya data. Manakah dari masalah yang dibahas ada yang Anda lihat dalam kasus ini? Bagaimana aplikasi CRM berusaha untuk mengatasinya? Gunakan contoh dari kasus untuk menggambarkan jawaban Anda.
JAWABAN:
Pada sebagian perusahaan memiliki Customer Relationship Management (CRM) namun bukan sebagai sumber kebenaran. Dapat dilihat dari pernyataan Steve Canter, bahwa: "Masalah terbesar saya dengan memiliki sistem yang berbeda adalah menentukan apa yang Anda katakan merupakan sumber dari kebenaran". Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka takut dengan silo data dan perbedaan sistem yang membuat mereka menghabiskan banyak waktu dan energi untuk menjembatani silo. Sistem CRM akan melanjutkan memasukan data kemudian memberikan informasi dari pelanggan untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Inilah sebabnya mengapa data yang baik adalah nilai keberhasilan implementasi CRM diproses oleh file dan mendekati manajemen database. Sesuai yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa aplikasi CRM sudah memberikan nilai bisnis sukses. Apabila tanpa data yang akurat, lengkap, dan komprehensif menyebabkan setiap upaya CRM yang dilakukan akan menghasilkan hasil yang kurang optimal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar