Jumat, 22 Mei 2015

SIM: KASUS 1. SISTEM CISCO: KEHADIRAN JARAK JAUH DAN MASA DEPAN KOLABORASI

BAB 7: KASUS 1. SISTEM CISCO: KEHADIRAN JARAK JAUH DAN MASA DEPAN KOLABORASI
1.   Apa manfaat bisnis utama dari kolaborasi teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini? Bagaimana hal ini dapat meningkatkan penghematan perusahaan? Berikan contoh-contoh spesifik.
JAWABAN:
Manfaat bisnis utama dari kolaborasi teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini yaitu:
A.   Mengurangi biaya perjalanan bagi para peserta pertemuan.
B.    Kolaboratisi kerja sama lebih baik karena memungkinkan anggota untuk mengatur telekonferensi terpisah untuk ide spesifik (tertentu), sehingga mengurangi waktu secara keseluruhan dari konferensi umum.
C.    Memungkinkan untuk mempercepat globalisasi suatu perusahaan dengan meniadakan batas dalam lokasi.
D.   Kualitas hidup karyawan menjadi lebih baik karena tidak harus banyak melakukan perjalanan jauh dari keluarga dan teman.
E.    Adanya kemampuan untuk merekam dan pemutaran kembali suatu acara telemeeting sebagai pencatatan dan klarifikasi.
F.    Menunjang kelangsungan bisnis dengan memanfaatkan telepresense untuk mengintegrasikan redundansi dan kolaborasi global.
G.   Mengurangi residu karbon perusahaan secara keseluruhan karena pembatasan penggunaan bahan bakar, dan memanfaatkan ruang bisnis dengan lebih efektif.
H.   Peningkatan produktivitas, inovasi, dan komunikasi.
contoh-contoh spesifiknya
A.   Cisco menggunakan e-mail dan Internet Relay Chat, sebuah bentuk instant messaging yang lama.
B.    Penggunaan video blog atau vblogs.
C.    Membuat sebuah pusat komunikasi unggul secara online.
D.   Memperkenalkan I-Zone wiki, forum di perusahaan bagi ide-ide bisnis baru yang diluncurkan oleh TI tetapi tidak menurut Emerging Technologies Group.

2.  Michelle Damrow dari Polycom mencatat bahwa Cisco akan bertaruh pada standar kepemilikan eksklusif untuk produk TelePresence, sementara pesaing akan dengan kapabilitas dari produk. Apakah Anda setuju dengan strategi Cisco? Mengapa atau mengapa tidak? Pertahankan jawaban Anda.
JAWABAN:
Saya setuju dengan strategi yang dilakukan oleh Cisco. Ada beberapa alasan mengapa saya setuju dengan strategi Cisco, yaitu · Standard-based communication yang digunakan oleh Cisco akan lebih unggul daripada pesaing yang lain.
A.   Keputusan yang dipilih oleh Cisco sudah tepat untuk menghadapi pesaing seperti HP yang memperkenalkan sistem Halo telepresence.
B.    Keputusan yang dipilih oleh Cisco ini akan mempermudah Cisco untuk melakukan merger high-end telepresence system.
C.    Standar kepemilikan eksklusif untuk produk TelePresence ini, dapat meningkatkan brand power Cisco di pasar.


3.   Pikirkan tentang I-Zone wiki yang dijelaskan dalam kasus, forum Cisco bagi ide-ide bisnis baru, dan dianggap telah berhasil dalam hal itu. Menurut Anda, mengapa itu terjadi? Apakah teknologi membantu perkembangan kreativitas, memberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-ide yang sudah ada, atau keduanya? Pertahankan jawaban Anda.
JAWABAN:
A.    Persoalan tersebut terjadi karena :
·         Wiki telah menghasilkan 600 ide dengan potensi $ 1 miliar per tahunukuran usaha
·         Wiki mengakibatkan internet telah berkembang ke fase lanjut.
·         Wiki ini menyebabkan fokus pada kolaborasi dan pengenalan hirarki perusahaan.
·         Adanya pergeseran dalam penjualan produk dan pemasaran, dan grup finansial lainnya ke arah lebih horizontal tanpa perintah dan kontrol.
B.     Teknologi dapat membantu perkembangan kreativitas dan juga memberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-ide yang sudah ada. Dengan menempatkan orang-orang kreatif dalam tempat kerja yang sama, mereka dapat saling membangun ide-ide masing-masing. Mereka juga dapat mengkomunikasikan ide-ide tersebut kepada orang yang memiliki kemampuan untuk membantu mereka. Selain itu, ruang kerja yang mudah dicari memungkinkan informasi mengalir lebih cepat ke semua peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar