Jumat, 22 Mei 2015

SIM: Kasus 2. Apple, Microsoft, IBM, dan Lain-lain: Era Layar Sentuh

BAB 3: Kasus 2. Apple, Microsoft, IBM, dan Lain-lain: Era Layar Sentuh
1.1. Keuntungan apa yang diperoleh hotel Starwood dari pengenalan teknologi layar sentuh, seperti yang dicatat dari kasus ini? apa gangguan yang mungkin terjadi sebagai hasilnya? berikan masing-masing beberapa contoh.
JAWABAN:
1. keuntungan pada Hotel Starwood dengan pengenalan teknologi layar sentuh pada kasus 4 ini : Penggunaan teknologi layar sentuh merupakan suatu prestise dari sebuah Hotel, sama seperti Hotel-hotel lainnya seperti Hotel Sheraton, W, Westin, dan Meriden. Target awal adalah untuk mengisi waktu senggang, media hiburan dan menyediakan applikasi penjualan produk.
2. keuntungan yang lain adalah berdampak langsung ke tamu Hotel, memudahkan tamu hotel mendapatkan informasi yang bernilai dari layar computer/layar sentuh di Lobi dan mengakses dan memanfaatkan map/peta, melihat photo-photo, mendapatkan informasi menu restoran dan informasi teater yang ada di hotel tersebut.
3. Layar sentuh ini memiliki kemudahan kesesuaian dengan posisi badan (lebih ergonomic) untuk mengoperasikan layar sentuh, hanya dengan mengunakan tangan dan jari-jari untuk menggerakan di layar sentuh. Dengan teknologi ini orang tidak perlu duduk dan mengunakan mouse, namun dengan layar sentuh bisa dengan mudah dioperasikan karena hanya 2 tangan dan menyentuh dengan jari-jari.

2.2. Bill Buxton dari Microsoft menyatakan bahwa “Saat ini, sentuhan mungkin ada di tempat yang sama”seperti saat tetikus di tahun 1983” Bagaimana menurut anda atas komentarnya, dan menurut anda apa yang diambil dari teknologi  sentuhan untuk menggantikan WIMP yang bertatap muka? berikan alasan dari jawaban anda.
JAWABAN:
Bill Buxton dari Microsoft menyatakan : bahwa penemuan layar sentuh sama dengan pada saat penemuan mouse pada tahun 1983. Pernyataanya relative benar, karena pada jaman mouse akan memudahkan mengoperasikan applikasi , namun pada saat itu belum banyak dukungan dari applikasi pada saat itu. Dengan temuan layar sentuh, maka memudahkan juga mengoperasikan dari dengan dukungan banyak applikasi, lebih kelihatan pengaruhnya pada saat ini. Memang kebetulan saat ini masih pada tahap lifcycle produk layar sentuh. Dengan layar sentuh akan memudahkan orang mengoperasikan computer, dengan WIMP system, yang mengunakan personal computer tergantikan oleh computer yang layar sentuh yang lebih simple dan ramah mengoperasikan, mendukung posisi tubuh, bisa pada saat berdiri dan duduk, sementara system WIMP, harus menyediakan mouse, meja, hardware yang cukup besar dan memakan tempat .

3.3. Apakah teknologi layar sentuh yang telh maju menjadi solusi dalam menelusuri maslaah? apakah anda setuju dengan pernyataan ini?
JAWABAN:
Tidak setuju : karena pada dasarnya layar sentuh hanya memudahkan mengoperasikan vitur-vitur yang tersedia pada software, dan dioperasikan melalui layar sentuh. Memudahkan mengakses data dan informasi pada alat. Memang dengan mengoperasikan layar sentuh ini, akan membantu untuk melakukan pengecekan posisi barang (jika diaplikasikan pada gudang atau toko) yang menyimpan suatu produk dialamat tertentu (code tertentu). Secara prinsip layar sentuh bukan mencari solusi sebuah masalah, walaupun teknologi ini menjadi salah satu solusi dan terobosan baru melakukan pengembangan teknologi memudahkan kinerja orang. Secara tidak langsung bisa menjadi dasar untuk mencari solusi dalam hal pengembangan suatu capability atau functionality dari layar sentuh yang salah satu quality dari perkembangan teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar