Jumat, 22 Mei 2015

SIM: KASUS 2. Wachovia dan Lain-lain : Perdagangan Sekuritas dengan Kecepatan Cahaya

BAB 2: KASUS 2. Wachovia dan Lain-lain : Perdagangan Sekuritas dengan Kecepatan Cahaya
1.Apa keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang dapat digambarkan oleh perusahaan dengan penggunaan teknologi yang lebih cepat dan relokasi (co-location server)? Mana yang akan berkelanjutan dan mana yang sementara atau mudah diikuti (imitable)? Jelaskan jawaban anda.
JAWABAN:
Keuntungan kompetitif (competitive advantage) yang didapatkan oleh perusahaan jika menggunakan teknologi yang lebih cepat dan co-location server adalah penyelesaian beberapa transaksi sekaligus dengan kecepatan waktu akses hanya beberapa milidetik (millisecond) saja. Wachovia Corporate and Investment Bank merombak sistem informasinya hingga memakan dana sebesar $ 10 juta. Adanya perombakan tersebut menjadikan Wachovia dapat mengurangi resiko keterlambatan data yang mungkin terjadi sehingga mengakibatkan kerugian. Keterlambatan satu (1) detik dapat membuat perusahaan mengeluarkan biaya yang besar.
Strategi untuk lebih mempercepat proses pertukaran pada data pusat dapat dapat juga dilakukan dengan  relokasi (co-location) sistem penyimpanan data base dalam server sedekat mungkin dengan lokasi pertukaran Wall Street. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan laten pada koneksi antara dua komputer saat melakukan transaksi.
Salah satu relokasi (co-location) pusat data pelanggan terbesar dilakukan oleh Credit Suisse, perusahaan yang menyewa pusat data server di salah satu data base server premium di Amerika. Mesin perdagangan (trading engine) Advanced Execution Services (AES) milik Credit Suisse yang bermarkas di Manhattan.  direplikasi di London, Hong Kong dan Tokyo. Sehingga jaminan waktu transaksi untuk para klien AES total waktu sekali transaksi atau “crossing network” telah menurun dari 15 ms (millisecond) menjadi 8 ms (millisecond).
Tingkat kesuksesan sistem perdagangan sekuritas sangat tergantung dengan performa kecepatan jaringan. Jika setiap orang memiliki akses informasi yang sama, ketika pasar bergerak, maka semua pelaku pasar ingin menjadi yang pertama, sedangkan orang-orang yang terlambat akan tertinggal dibelakang.
Dari penjelasan diatas, maka yang keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah sistem teknologi yang mengandalkan kecepatan tinggi, sedangkan yang bersifat sementara dan mudah diadaptasi adalah teknologi relokasi (co-location) penyimpanan server data.
2. Tony Bishop dari Wachovia mengatakan bahwa “keunggulan kompetitif berasal dari perhitungan matematika anda, alur kerja, dan proses melalui sistem     anda.” Mengacu pada apa yang telah dipelajari dalam bab ini, kembangkan sudut pandang lain mengenai peran TI dalam pengembangan keunggulan kompetitif (competitive advantage) (jika ada). Gunakan contoh dari kasus untuk mendukung jawaban anda.
JAWABAN:
Keunggulan kompetitif adalah aktivitas yang menciptakan nilai superior di atas pesaing-pesaingnya. Tony Bishop mengatakan, “keunggulan kompetitif berasal dari perhitungan matematika anda, alur kerja, dan proses melalui sistem anda”.
Menurut O’Brien (2005) keunggulan kompetitif perusahaan dapat juga dibangun dengan menjalankan strategi “mengunci” pelanggan dan pemasok di dalam (locking in customers and suppliers). Perusahaan membangun hubungan bisnis yang berharga  dengan pelanggan dan pemasok sehingga mencegah mereka berpindah ke perusahaan pesaing. Hubungan ini dibangun dengan memanfaatkan TI dalam meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan dan pemasok melalui aktivitas distribusi, pemasaran, penjualan dan layanan perusahaan.
Contoh pemanfaatan strategi locking in customers and suppliers  dalam pengembangan keunggulan kompetitif terlihat pada kasus NYSE (the New York Stock Exchange), sebuah lokasi pusat data server premium, tempat meletakkan server dari sejumlah besar klien (perusahaan).  CTO  NYSE, Steve Rubinow melakukan reduksi 10 data center menjadi 2 data center dalam beberapa tahun ke depan. Sebelum direduksi, sebagian klien memperoleh waktu data akses 10 ms dan sebagian klien lainnya memperoleh 1 ms. Pada umumnya, para pelanggan tidak menyukai adanya variasi data akses antara 10 ms dan 1 ms. Dengan merelokasi 10 lokasi menjadi 2 lokasi saja, waktu data akses dari tiap klien NYSE menjadi seragam dan stabil.
3.Apa saja perusahaan dalam industri yang memperoleh manfaat dari teknologi yang dapat menyingkat waktu proses transaksi (e-trading), selain industri perdagangan surat-surat berharga (bursa efek)?  Berikan beberapa contoh.
JAWABAN:
          Perdagangan yang menggunakan teknologi yang dapat menyingkat waktu proses transaksi disebut juga dengan perdagangan elektronik  atau electronic trading (e-trading). Metode ini umumnya digunakan untuk jual beli saham dan obligasi, bursa finansial atau pertukaran kurs mata uang luar negeri atau transaksi keuangan secara elektronik. Teknologi informasi digunakan untuk menyatukan pembeli dan penjual melalui  jaringan komunikasi elektronik untuk membentuk pasar virtual seperti NASDAQ (National Association of Securities Dealers Automated Quotations), sebuah bursa saham yang dioperasikan oleh National Association of Securities Dealers.
Perdagangan elektronik juga dilakukan oleh perusahaan bisnis lainnya untuk kegiatan transfer dana secara elektronik, manajemen rantai suplai (supply chain management), pemasaran (e-marketing dan online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange), dan lain-lain. Perdagangan elektronik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: Yahoo, Amazon.com, eBay, dan PayPal.

Kegiatan yang dilakukan perusahaan-perusahaan tersebut adalah :
1.    Menyediakan harga kompetitif.
2.    Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.    Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.    Menyediakan banyak bonus seperti (software) penawaran istimewa, dan diskon.
5.    Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.    Menyediakan komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.    Mempermudah kegiatan perdagangan.
Beberapa aplikasi umum yang digunakan adalah:
1.    E-mail dan Messaging
2.    Content Management Systems
3.    Dokumen, spreadsheet, database
4.    Akuntansi dan sistem keuangan
5.    Informasi pengiriman dan pemesanan
6.    Pelaporan informasi dari klien dan perusahaan
7.    Sistem pembayaran domestik dan internasional
8.    Newsgroup
9.    On-line Shopping
10.    Konferensi
11.    Online Banking/internet Banking
12.    Produk Digital/Non Digital

Contoh perusahaan atau industri yang menggunakan teknologi perdagangan elektronik (e-trading):
eBay
eBay adalah sebuah situs web online yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa. eBay merupakan bagian dari salah satu forum sekaligus situs web perdagangan elektronik terbesar di dunia
Amazon.com
Amazon.com merupakan situs perdagangan ritel terbesar di dunia, yang memulai roda usahanya dengan hanya menjual buku secara online namun sekarang merambah ke berbagai hal mulai dari DVD, pakaian, hingga web hosting CDN(Content Delivery Networks).
 Yahoo
Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia.
PayPal
PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar