Jumat, 22 Mei 2015

SIM: KASUS 1. SISTEM CISCO: KEHADIRAN JARAK JAUH DAN MASA DEPAN KOLABORASI

BAB 7: KASUS 1. SISTEM CISCO: KEHADIRAN JARAK JAUH DAN MASA DEPAN KOLABORASI
1.   Apa manfaat bisnis utama dari kolaborasi teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini? Bagaimana hal ini dapat meningkatkan penghematan perusahaan? Berikan contoh-contoh spesifik.
JAWABAN:
Manfaat bisnis utama dari kolaborasi teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini yaitu:
A.   Mengurangi biaya perjalanan bagi para peserta pertemuan.
B.    Kolaboratisi kerja sama lebih baik karena memungkinkan anggota untuk mengatur telekonferensi terpisah untuk ide spesifik (tertentu), sehingga mengurangi waktu secara keseluruhan dari konferensi umum.
C.    Memungkinkan untuk mempercepat globalisasi suatu perusahaan dengan meniadakan batas dalam lokasi.
D.   Kualitas hidup karyawan menjadi lebih baik karena tidak harus banyak melakukan perjalanan jauh dari keluarga dan teman.
E.    Adanya kemampuan untuk merekam dan pemutaran kembali suatu acara telemeeting sebagai pencatatan dan klarifikasi.
F.    Menunjang kelangsungan bisnis dengan memanfaatkan telepresense untuk mengintegrasikan redundansi dan kolaborasi global.
G.   Mengurangi residu karbon perusahaan secara keseluruhan karena pembatasan penggunaan bahan bakar, dan memanfaatkan ruang bisnis dengan lebih efektif.
H.   Peningkatan produktivitas, inovasi, dan komunikasi.
contoh-contoh spesifiknya
A.   Cisco menggunakan e-mail dan Internet Relay Chat, sebuah bentuk instant messaging yang lama.
B.    Penggunaan video blog atau vblogs.
C.    Membuat sebuah pusat komunikasi unggul secara online.
D.   Memperkenalkan I-Zone wiki, forum di perusahaan bagi ide-ide bisnis baru yang diluncurkan oleh TI tetapi tidak menurut Emerging Technologies Group.

2.  Michelle Damrow dari Polycom mencatat bahwa Cisco akan bertaruh pada standar kepemilikan eksklusif untuk produk TelePresence, sementara pesaing akan dengan kapabilitas dari produk. Apakah Anda setuju dengan strategi Cisco? Mengapa atau mengapa tidak? Pertahankan jawaban Anda.
JAWABAN:
Saya setuju dengan strategi yang dilakukan oleh Cisco. Ada beberapa alasan mengapa saya setuju dengan strategi Cisco, yaitu · Standard-based communication yang digunakan oleh Cisco akan lebih unggul daripada pesaing yang lain.
A.   Keputusan yang dipilih oleh Cisco sudah tepat untuk menghadapi pesaing seperti HP yang memperkenalkan sistem Halo telepresence.
B.    Keputusan yang dipilih oleh Cisco ini akan mempermudah Cisco untuk melakukan merger high-end telepresence system.
C.    Standar kepemilikan eksklusif untuk produk TelePresence ini, dapat meningkatkan brand power Cisco di pasar.


3.   Pikirkan tentang I-Zone wiki yang dijelaskan dalam kasus, forum Cisco bagi ide-ide bisnis baru, dan dianggap telah berhasil dalam hal itu. Menurut Anda, mengapa itu terjadi? Apakah teknologi membantu perkembangan kreativitas, memberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-ide yang sudah ada, atau keduanya? Pertahankan jawaban Anda.
JAWABAN:
A.    Persoalan tersebut terjadi karena :
·         Wiki telah menghasilkan 600 ide dengan potensi $ 1 miliar per tahunukuran usaha
·         Wiki mengakibatkan internet telah berkembang ke fase lanjut.
·         Wiki ini menyebabkan fokus pada kolaborasi dan pengenalan hirarki perusahaan.
·         Adanya pergeseran dalam penjualan produk dan pemasaran, dan grup finansial lainnya ke arah lebih horizontal tanpa perintah dan kontrol.
B.     Teknologi dapat membantu perkembangan kreativitas dan juga memberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-ide yang sudah ada. Dengan menempatkan orang-orang kreatif dalam tempat kerja yang sama, mereka dapat saling membangun ide-ide masing-masing. Mereka juga dapat mengkomunikasikan ide-ide tersebut kepada orang yang memiliki kemampuan untuk membantu mereka. Selain itu, ruang kerja yang mudah dicari memungkinkan informasi mengalir lebih cepat ke semua peserta.

SIM: KASUS 2. Metric & Multistandard Components Corp: Nilai Bisnis dari Sebuah Jaringan Terkelola Mandiri yang Aman untuk Usaha Kecil dan Menengah

BAB 6: KASUS 2. Metric & Multistandard Components Corp: Nilai Bisnis dari Sebuah Jaringan Terkelola Mandiri yang Aman untuk Usaha Kecil dan Menengah

1.  Apa yang menjadi faktor terpenting yang berkontribusi atas keberhasilan MMCC dengan jaringan terkelola mandri yang baru dan aman? Jelaskan alasan menurut pilihan Anda.
JAWABAN:
Ketika MMCC diaktifkan untuk solusi jaringan baru untuk membantu memahami kebutuhan bisnis mereka dan mencari sistem yang membuatnya lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka membuat garis besar tentang persyaratan mereka terdiri dari keandalan sistem, fleksibilitas atau skalabilitas dari sistem, kekhawatiran keamanan dan biaya yang dilakukan untuk menyebarkan sistem. Ketika mereka yakin tentang apa yang mereka butuhkan mereka mencari pilihan yang tersedia dan mengadopsi satu yang paling efisien untuk organisasi seperti mereka. Faktor-faktor yang membantu MMCC untuk tumbuh dan menjadi sukses adalah:
A.   Sistem baru mereka mampu menyediakan konektivitas yang lebih besar dengan keandalan yang lebih tinggi, keamanan dan skalabilitas dalam relatif biaya yang sangat rendah sehingga peningkatan produktivitas dan profitabilitas bisnis.
B.    Penggunaan teknologi maju untuk ketersediaan tinggi dan jaringan yang efisien dan manajemen keamanan, yang dapat dioperasikan dengan mudah.
C.    Dukungan dari pihak eksekutif perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan persetujuan pihak eksekutif terhadap usulan Bellnier untuk memperbaiki sistem jaringan lama yang banyak masalah dari sisi kecepatan respon terhadap penyediaan informasi layanan kepada para pelanggan mereka.
D.   Perencanaan yang matang. Merujuk kepada ahli manajemen, bahwa perencanaan yang baik adalah setengah keberhasilan dari suatu pekerjaan/proyek.
E.    Pengenalan jaringan teknologi untuk menghubungkan kantor dan pengguna yang aman untuk memfasilitasi kebijakan ekspansi perusahaan.
F.    Manajemen yang tepat dari sistem pendukung untuk meminimalkan penundaan dan kesalahan.


2.  Apa saja beberapa manfaat bisnis dan tantangan dari jaringan terkelola mandiri dan terkelola secara eksternal?
JAWABAN:
Manfaat sistem jaringan yang terkelola mandiri:
A.   Umumnya sistem jaringan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena karyawan yang ditugaskan mengerti kebutuhan sistem dalam perusahaan.
B.    Biaya pengembangan dan pengelolaanya relatif lebih rendah karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
C.    Sistem jaringan yang dibutuhkan dapat segera direalisasikan dan dapat segera melakukan perbaikan untuk menyempurnakan sistem tersebut.
D.   Sistem jaringan yang dibangun sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan dokumentasi yang disertakan lebih lengkap..
E.    Mudah untuk melakukan modifikasi dan pemeliharaan (maintenance) terhadap sistem jaringan karena proses pengembangannya dilakukan oleh karyawan perusahaan tersebut.
F.    Adanya insentif tambahan bagi karyawan yang diberi tanggung jawab untuk mengembangkan sistem jaringan perusahaan tersebut.
G.   Lebih mudah melakukan pengawasan (security access) dan keamanan data lebih terjamin karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
H.   Sistem jaringan yang dikembangkan dapat diintegrasikan lebih mudah dan lebih baik terhadap sistem yang sudah ada.
Tantangan sistem jaringan yang sistem jaringan yang terkelola mandiri:
A.   Keterbatasan jumlah dan tingkat kemampuan SDM yang menguasai teknologi informasi.
B.    Pengembangan sistem jaringan membutuhkan waktu yang lama karena konsentrasi karyawan harus terbagi dengan pekerjaan rutin sehari-hari sehingga pelaksanaannya menjadi kurang efektif dan efisien.
C.    Perubahan dalam teknologi informasi terjadi secara cepat dan belum tentu perusahaan mampu melakukan adaptasi dengan cepat sehingga ada peluang teknologi yang digunakan kurang canggih (tidak up to date).
D.   Membutuhkan waktu untuk pelatihan bagi operator dan programmer sehingga ada konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan.
E.    Adanya demotivasi dari karyawan ditugaskan untuk mengembangkan sistem informasi/jaringan karena bukan merupakan core competency pekerjaan mereka.
Manfaat sitem jaringan yang dikelola pihak eksternal:
A.   Perusahaan dapat mengonsentrasikan diri pada bisnis yang ditangani. Masalah mengenai hardware, sofware, dan maintenance sistem merupakan tanggung jawab pihak vendor.
B.    Lebih praktis serta waktu pengembangan sistem relatif lebih cepat, efektif, dan efisisen karena dikerjakan oleh orang yang profesional di bidangnya.
C.    Penghematan waktu proses dapat diperoleh karena beberapa outsourcer dapat dipilih untuk bekerja bersama-sama menyediakan jasa ini kepada perusahaan.
D.   Dapat membeli partner/provider sesuai anggaran dan kebutuhan.
E.    Memudahkan akses pada pasar global jika menggunakan vendor yang mempunyai reputasi baik.
F.    Biaya pengembangan sistem informasi dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan.
G.   Memfasilitasi downsizing sehingga perusahaan tak perlu memikirkan pengurangan pegawai.
Tantangan sitem jaringan yang dikelola pihak eksternal adalah:
A.   Terdapat kekhawatiran tentang keamanan sistem jaringan karena adanya peluang penyalahgunaan sistem informasi oleh vendor, misalnya pembajakan atau pembocoran informasi perusahaan.
B.    Ada peluang sistem jaringan yang dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dikarenakan vendor tidak memahami kebutuhan sistem dalam perusahaan tersebut.
C.    Transfer knowledge terbatas karena pengembangan sistem informasi sepenuhnya dilakukan oleh vendor.
D.   Relatif sulit melakukan perbaikan dan pengembangan sistem jaringan karena pengembangan perangkat lunak dilakukan oleh vendor, sedangkan perusahaan umumnya hanya terlibat sampai rancangan kebutuhan sistem.
E.    Dapat terjadi ketergantungan kepada konsultan.
F.    Manajemen perusahaan membutuhkan proses pembelajaran yang cukup lama dan perusahaan harus membayar lisensi program yang dibeli sehingga ada konsekuensi biaya tambahan yang dibayarkan.
G.   Resiko tidak kembalinya investasi yang telah dikeluarkan apabila terjadi ketidakcocokan sistem jaringan yang dikembangkan.
H.   Mengurangi keunggulan kompetitif perusahaan.
I.    Perusahaan akan kehilangan kendali terhadap aplikasi yang di-outsource-kan

3.   Jenis manajemen jaringan mana yang akan Anda sarankan untuk digunakan pada perusahaan bisnis kecil ke menengah? Jelaskan alasan atas rekomendasi yang Anda berikan.
JAWABAN:
Berdasarkan teori yang ada, maka sebaiknya untuk perusahaan kecil-menengah menggunakan LAN atau VPN. Penggunaan WAN lebih tepat digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar bahkan perusahaan multinasional. Hal ini dikarenakan penggunaan WAN mencakup wilayah geografis yang sangat luas, lintas negara sehingga membutuhkan sumber daya yang besar pula dari sisi pembangunan dan pengelolaannya, seperti dana, SDM, dan sarana infrastruktur lainnya yang memadai. Adapun penggunaan LAN dapat dilakukan oleh perusahaan kecil-menengah karena meliputi wailayah geografis yang lebih sempit, memiliki pusat data yang lebih tinggi, serta tidak membutuhkan jalur komunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Namun demkian, LAN memiliki kelemahan dari sisi keamanan jaringan dalam hal memantau kinerja internet, intranet, dan ekstranet terkait proses transaksi bisnis dengan stakeholders perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menggunakan VPN untuk membentuk jaringan yang aman terhadap penggunaan internet, intranet, dan ekstranetnya.
Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan VPN, diantaranya:
A.   Jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya di daerah lain.
B.    Penggunaaan VPN dapat mereduksi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan kabel yang panjang.
C.    Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas.
D.   VPN memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, karena VPN terhubung ke internet.
E.    Investasi pada VPN akan memberikan peluang kembalinya investasi tersebut (ROI = return on investment) yang lebih cepat daripada investasi pada kabel.



SIM: Kasus 2. Apple, Microsoft, IBM, dan Lain-lain: Era Layar Sentuh

BAB 3: Kasus 2. Apple, Microsoft, IBM, dan Lain-lain: Era Layar Sentuh
1.1. Keuntungan apa yang diperoleh hotel Starwood dari pengenalan teknologi layar sentuh, seperti yang dicatat dari kasus ini? apa gangguan yang mungkin terjadi sebagai hasilnya? berikan masing-masing beberapa contoh.
JAWABAN:
1. keuntungan pada Hotel Starwood dengan pengenalan teknologi layar sentuh pada kasus 4 ini : Penggunaan teknologi layar sentuh merupakan suatu prestise dari sebuah Hotel, sama seperti Hotel-hotel lainnya seperti Hotel Sheraton, W, Westin, dan Meriden. Target awal adalah untuk mengisi waktu senggang, media hiburan dan menyediakan applikasi penjualan produk.
2. keuntungan yang lain adalah berdampak langsung ke tamu Hotel, memudahkan tamu hotel mendapatkan informasi yang bernilai dari layar computer/layar sentuh di Lobi dan mengakses dan memanfaatkan map/peta, melihat photo-photo, mendapatkan informasi menu restoran dan informasi teater yang ada di hotel tersebut.
3. Layar sentuh ini memiliki kemudahan kesesuaian dengan posisi badan (lebih ergonomic) untuk mengoperasikan layar sentuh, hanya dengan mengunakan tangan dan jari-jari untuk menggerakan di layar sentuh. Dengan teknologi ini orang tidak perlu duduk dan mengunakan mouse, namun dengan layar sentuh bisa dengan mudah dioperasikan karena hanya 2 tangan dan menyentuh dengan jari-jari.

2.2. Bill Buxton dari Microsoft menyatakan bahwa “Saat ini, sentuhan mungkin ada di tempat yang sama”seperti saat tetikus di tahun 1983” Bagaimana menurut anda atas komentarnya, dan menurut anda apa yang diambil dari teknologi  sentuhan untuk menggantikan WIMP yang bertatap muka? berikan alasan dari jawaban anda.
JAWABAN:
Bill Buxton dari Microsoft menyatakan : bahwa penemuan layar sentuh sama dengan pada saat penemuan mouse pada tahun 1983. Pernyataanya relative benar, karena pada jaman mouse akan memudahkan mengoperasikan applikasi , namun pada saat itu belum banyak dukungan dari applikasi pada saat itu. Dengan temuan layar sentuh, maka memudahkan juga mengoperasikan dari dengan dukungan banyak applikasi, lebih kelihatan pengaruhnya pada saat ini. Memang kebetulan saat ini masih pada tahap lifcycle produk layar sentuh. Dengan layar sentuh akan memudahkan orang mengoperasikan computer, dengan WIMP system, yang mengunakan personal computer tergantikan oleh computer yang layar sentuh yang lebih simple dan ramah mengoperasikan, mendukung posisi tubuh, bisa pada saat berdiri dan duduk, sementara system WIMP, harus menyediakan mouse, meja, hardware yang cukup besar dan memakan tempat .

3.3. Apakah teknologi layar sentuh yang telh maju menjadi solusi dalam menelusuri maslaah? apakah anda setuju dengan pernyataan ini?
JAWABAN:
Tidak setuju : karena pada dasarnya layar sentuh hanya memudahkan mengoperasikan vitur-vitur yang tersedia pada software, dan dioperasikan melalui layar sentuh. Memudahkan mengakses data dan informasi pada alat. Memang dengan mengoperasikan layar sentuh ini, akan membantu untuk melakukan pengecekan posisi barang (jika diaplikasikan pada gudang atau toko) yang menyimpan suatu produk dialamat tertentu (code tertentu). Secara prinsip layar sentuh bukan mencari solusi sebuah masalah, walaupun teknologi ini menjadi salah satu solusi dan terobosan baru melakukan pengembangan teknologi memudahkan kinerja orang. Secara tidak langsung bisa menjadi dasar untuk mencari solusi dalam hal pengembangan suatu capability atau functionality dari layar sentuh yang salah satu quality dari perkembangan teknologi informasi.

SIM: KASUS 2. Wachovia dan Lain-lain : Perdagangan Sekuritas dengan Kecepatan Cahaya

BAB 2: KASUS 2. Wachovia dan Lain-lain : Perdagangan Sekuritas dengan Kecepatan Cahaya
1.Apa keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang dapat digambarkan oleh perusahaan dengan penggunaan teknologi yang lebih cepat dan relokasi (co-location server)? Mana yang akan berkelanjutan dan mana yang sementara atau mudah diikuti (imitable)? Jelaskan jawaban anda.
JAWABAN:
Keuntungan kompetitif (competitive advantage) yang didapatkan oleh perusahaan jika menggunakan teknologi yang lebih cepat dan co-location server adalah penyelesaian beberapa transaksi sekaligus dengan kecepatan waktu akses hanya beberapa milidetik (millisecond) saja. Wachovia Corporate and Investment Bank merombak sistem informasinya hingga memakan dana sebesar $ 10 juta. Adanya perombakan tersebut menjadikan Wachovia dapat mengurangi resiko keterlambatan data yang mungkin terjadi sehingga mengakibatkan kerugian. Keterlambatan satu (1) detik dapat membuat perusahaan mengeluarkan biaya yang besar.
Strategi untuk lebih mempercepat proses pertukaran pada data pusat dapat dapat juga dilakukan dengan  relokasi (co-location) sistem penyimpanan data base dalam server sedekat mungkin dengan lokasi pertukaran Wall Street. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan laten pada koneksi antara dua komputer saat melakukan transaksi.
Salah satu relokasi (co-location) pusat data pelanggan terbesar dilakukan oleh Credit Suisse, perusahaan yang menyewa pusat data server di salah satu data base server premium di Amerika. Mesin perdagangan (trading engine) Advanced Execution Services (AES) milik Credit Suisse yang bermarkas di Manhattan.  direplikasi di London, Hong Kong dan Tokyo. Sehingga jaminan waktu transaksi untuk para klien AES total waktu sekali transaksi atau “crossing network” telah menurun dari 15 ms (millisecond) menjadi 8 ms (millisecond).
Tingkat kesuksesan sistem perdagangan sekuritas sangat tergantung dengan performa kecepatan jaringan. Jika setiap orang memiliki akses informasi yang sama, ketika pasar bergerak, maka semua pelaku pasar ingin menjadi yang pertama, sedangkan orang-orang yang terlambat akan tertinggal dibelakang.
Dari penjelasan diatas, maka yang keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah sistem teknologi yang mengandalkan kecepatan tinggi, sedangkan yang bersifat sementara dan mudah diadaptasi adalah teknologi relokasi (co-location) penyimpanan server data.
2. Tony Bishop dari Wachovia mengatakan bahwa “keunggulan kompetitif berasal dari perhitungan matematika anda, alur kerja, dan proses melalui sistem     anda.” Mengacu pada apa yang telah dipelajari dalam bab ini, kembangkan sudut pandang lain mengenai peran TI dalam pengembangan keunggulan kompetitif (competitive advantage) (jika ada). Gunakan contoh dari kasus untuk mendukung jawaban anda.
JAWABAN:
Keunggulan kompetitif adalah aktivitas yang menciptakan nilai superior di atas pesaing-pesaingnya. Tony Bishop mengatakan, “keunggulan kompetitif berasal dari perhitungan matematika anda, alur kerja, dan proses melalui sistem anda”.
Menurut O’Brien (2005) keunggulan kompetitif perusahaan dapat juga dibangun dengan menjalankan strategi “mengunci” pelanggan dan pemasok di dalam (locking in customers and suppliers). Perusahaan membangun hubungan bisnis yang berharga  dengan pelanggan dan pemasok sehingga mencegah mereka berpindah ke perusahaan pesaing. Hubungan ini dibangun dengan memanfaatkan TI dalam meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan dan pemasok melalui aktivitas distribusi, pemasaran, penjualan dan layanan perusahaan.
Contoh pemanfaatan strategi locking in customers and suppliers  dalam pengembangan keunggulan kompetitif terlihat pada kasus NYSE (the New York Stock Exchange), sebuah lokasi pusat data server premium, tempat meletakkan server dari sejumlah besar klien (perusahaan).  CTO  NYSE, Steve Rubinow melakukan reduksi 10 data center menjadi 2 data center dalam beberapa tahun ke depan. Sebelum direduksi, sebagian klien memperoleh waktu data akses 10 ms dan sebagian klien lainnya memperoleh 1 ms. Pada umumnya, para pelanggan tidak menyukai adanya variasi data akses antara 10 ms dan 1 ms. Dengan merelokasi 10 lokasi menjadi 2 lokasi saja, waktu data akses dari tiap klien NYSE menjadi seragam dan stabil.
3.Apa saja perusahaan dalam industri yang memperoleh manfaat dari teknologi yang dapat menyingkat waktu proses transaksi (e-trading), selain industri perdagangan surat-surat berharga (bursa efek)?  Berikan beberapa contoh.
JAWABAN:
          Perdagangan yang menggunakan teknologi yang dapat menyingkat waktu proses transaksi disebut juga dengan perdagangan elektronik  atau electronic trading (e-trading). Metode ini umumnya digunakan untuk jual beli saham dan obligasi, bursa finansial atau pertukaran kurs mata uang luar negeri atau transaksi keuangan secara elektronik. Teknologi informasi digunakan untuk menyatukan pembeli dan penjual melalui  jaringan komunikasi elektronik untuk membentuk pasar virtual seperti NASDAQ (National Association of Securities Dealers Automated Quotations), sebuah bursa saham yang dioperasikan oleh National Association of Securities Dealers.
Perdagangan elektronik juga dilakukan oleh perusahaan bisnis lainnya untuk kegiatan transfer dana secara elektronik, manajemen rantai suplai (supply chain management), pemasaran (e-marketing dan online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange), dan lain-lain. Perdagangan elektronik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: Yahoo, Amazon.com, eBay, dan PayPal.

Kegiatan yang dilakukan perusahaan-perusahaan tersebut adalah :
1.    Menyediakan harga kompetitif.
2.    Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.    Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.    Menyediakan banyak bonus seperti (software) penawaran istimewa, dan diskon.
5.    Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.    Menyediakan komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.    Mempermudah kegiatan perdagangan.
Beberapa aplikasi umum yang digunakan adalah:
1.    E-mail dan Messaging
2.    Content Management Systems
3.    Dokumen, spreadsheet, database
4.    Akuntansi dan sistem keuangan
5.    Informasi pengiriman dan pemesanan
6.    Pelaporan informasi dari klien dan perusahaan
7.    Sistem pembayaran domestik dan internasional
8.    Newsgroup
9.    On-line Shopping
10.    Konferensi
11.    Online Banking/internet Banking
12.    Produk Digital/Non Digital

Contoh perusahaan atau industri yang menggunakan teknologi perdagangan elektronik (e-trading):
eBay
eBay adalah sebuah situs web online yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa. eBay merupakan bagian dari salah satu forum sekaligus situs web perdagangan elektronik terbesar di dunia
Amazon.com
Amazon.com merupakan situs perdagangan ritel terbesar di dunia, yang memulai roda usahanya dengan hanya menjual buku secara online namun sekarang merambah ke berbagai hal mulai dari DVD, pakaian, hingga web hosting CDN(Content Delivery Networks).
 Yahoo
Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia.
PayPal
PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain