Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Pakar
· Dalam penyusunan Disertasi, Tesis dan
Skripsi, di mana salah satu variabelnya adalah lingkungan kerja, maka seorang
mahasiswa wajib mengemukakan pengertian lingkungan kerja, sehingga maksud dari
variable tersebut menjadi semakin jelas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka
dalam hal ini penulis ingin membantu mahasiswa tentang pengertian lingkungan
kerja, sehingga dapat menyelesaikan Disertasi, Tesis dan Skripsinya. Adapun
pengertian lingkungan kerja sebagai berikut :
1. Menurut Sihombing
(2004), lingkungan kerja merupakan faktor-faktor di luar manusia baik fisik
maupun non fisik dalam suatu organisasi. Faktor fisik ini mencakup peralatan
kerja, suhu I tempat kerja, kesesakan dan kepadatan, kebisingan, luas ruang
kerja sedangkan non fisik mencakup hubungan kerja yang terbentuk di instansi
antara atasan dan bawahan serta antara sesama karyawan.
2. Menurut Nitisemito
(2001) lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan
dan dapat mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan.
3. Menurut (Mardiana,
2005), lingkungan kerja merupakan tempat karyawan melakukan pekerjaannya
sehari-hari.
- Sementara itu, Sedarmayanti (2001:21) membagi lingkungan kerja menjadi dua bagian, yaitu : (a) lingkungan kerja fisik, dan (b) lingkungan kerja non fisik. Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan berbentuk fisik yang terdapat di sekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi karyawan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Lingkungan kerja fisik dapat dibagi dalam dua kategori, yakni : (1) Lingkungan yang langsung berhubungan dengan karyawan (Seperti: pusat kerja, kursi, meja dan sebagainya), (2) Lingkungan perantara atau lingkungan umum dapat juga disebut lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi manusia, misalnya :temperatur, kelembaban, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanis, bau tidak sedap, warna, dan lain-lain. Untuk dapat memperkecil pengaruh lingkungan fisik terhadap karyawan, maka langkah pertama adalah harus mempelajari manusia, baik mengenai fisik dan tingkah lakunya maupun mengenai fisiknya, kemudian digunakan sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik yang sesuai. Lingkungan kerja non fisik adalah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan maupun hubungan sesama rekan kerja, ataupun hubungan dengan bawahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar